CARLO ANCELOTTI: PELATIH PERTAMA YANG BAWA TIMNYA KE FINAL LIGA CHAMPIONS 6 KALI


LIGAIDN - 
Pelatih Carlo Ancelotti mencatatkan rekor setelah mengalahkan Bayern Munchen. Dia menjadi pelatih pertama yang berhasil membawa tim asuhannya menembus final Liga Champions sebanyak enam kali.

Madrid dan Bayern saling berhadapan pada leg kedua semifinal Liga Champions 2023/2024, Kamis (9/5/2024) dini hari WIB. Bermain di Santiago Bernabeu, Los Blancos menang dengan skor 2-1.

Madrid sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Alphonso Davies di menit ke-68. Namun, Los Blancos bisa melakukan comeback sensasional berkat brace Joselu pada menit ke-88 dan 90+1.

Tim besutan Carlo Ancelotti itu pun berhak melaju partai puncak Liga Champions musim ini dengan agregat 4-3. Mereka akan menghadapi Borussia Dortmund di Wembley.

Laga nanti menjadi final ke-18 bagi Real Madrid sepanjang keikutsertaan di kasta tertinggi sepak bola Eropa. Mereka sukses menjadi juara sebanyak 14 kali.

Rekor Ancelotti

Real Madrid tampil luar biasa di Liga Champions dengan melaju ke final. Kesuksesan itu membuat Carlo Ancelotti tercatat dalam buku rekor.

Berdasarkan catatan UEFA, Ancelotti berhasil menembus final Liga Champions untuk keenam kalinya. Ini merupakan catatan paling banyak di antara sesama pelatih.

Dalam lima final Liga Champions sebelumnya, Ancelotti berhasil meraih empat trofi juara. Rinciannya, dua bersama Real Madrid dan dua lagi saat menukangi AC Milan.

Satu-satunya kegagalan Ancelotti terjadi pada tahun 2005. Ketika itu, Milan kalah dramatis dari Liverpool dalam laga yang sering disebut Keajaiban Instanbul.

Puji Tim

Ancelotti pun tak lupa memuji kerja keras timnya. Dia bahkan menyebut bahwa ini adalah tim terbaik yang pernah dia latih dalam kariernya.

"Luar biasa," kata Ancelotti kepada TNT Sports.

"Saya sangat berterima kasih kepada mereka, mereka bekerja sangat keras. Menurut saya ini adalah skuad terbaik yang pernah saya miliki dalam karier saya."

Sumber: Liga Champions, BBC

Jadwal Final Liga Champions

Pertandingan: Borussia Dortmund vs Real Madrid

Venue: Wembley

Hari: Minggu, 2 Juni 2024

Jam: 02.00 WIB